Skin Need Protection

Hi readers :)
Hhhmm, akhir - akhir ini musimnya ngga konsisten. Menurut pelajaran geografi sih, bulan  Desember ya musim hujan. Tapi hujannya jarang - jarang bahkan cuacanya panas.
Walaupun langit sering mendung juga sih. Eh, siapa bilang sih kalau langit mendung itu berarti ngga ada sinar UV ? (baca selengkapnya)




Sinar UV (Ultraviolet) seperti yang sering kita ketahui, ada dua yaitu UV A dan UV B.
Padahal ada tiga jenis sinar UV : UV A, UV B, dan UV C.

Namun hanya UV A dan UV B yang sampai ke bumi. Dampak dari paparan sinar UV A dan UV B pada kulit disebut sengatan matahari atau Erythmea.

Sinar UV A dapat menembus lapisan kulit lebih dalam daripada sinar UV B. Sinar UV A lebih dikenal dapat menyebabkan kulit mudah keriput dan menua. Sedangkan sinar UV B paling sering membuat kulit terbakar karena bekerja pada lapisan luar kulit.

Sinar UV aktif pada pukul 10.00 - 14.00. Sinar UV tetap dapat menembus kulit pada kondisi cuaca berawang, mendung, bahkan hujan sekalipun. Bahkan 80% sinar UV dapat menembus awan tebal. (baca selengkapnya)
Bahkan aku sendiri pernah mengalami dampak dari paparan sinar UV A dan UV B, waktu latihan softball kondisi cuaca lagi mendung dengan PDnya aku pakai celana selutut dan lupa touch up Sun block, hasilnya ? Kaki aku sukses belang, dibandingin dengan warna kulit pada paha dan pergelangan kaki, sangat jauh bedanya. Hitam dan putih =.= Eh ngga sampai hitam, cuma agak kecoklatan T.T

Nah  untuk memproteksi kulit dari pengaruh buruk sinar UV A dan UV B kita perlu Sun Block/Sun Protection/Sun screen dengan SPF dan PA++.
Tidak cukup SPF, tapi PA++ juga!
PA++ adalah sistem perhitungan perlindungan terhadap sinar UV A di Asia.
Semakin banyak simbol + (plus) berarti semakin bagus perlindungan terhadap sinar UV A.
Jadi, ngga hanya cukup SPF, tapi juga PA.


Dan aku termasuk orang dengan tipe kulit mudah belang - belang. Karena memiliki aktifitas diluar ruangan, terutama saat latihan softball dan berkendara. Sangat perlu nih pakai Sunblock !

Ada dua produk Sunblock yang aku pakai.

1.  Nivea Daily Protection Sun Lotion Light Feeling 25 SPF PA++
Produk ini untuk semua jenis kulit.
Aromanya seperti buah Srikaya.

source google
Teksturnya lembut tanpa rasa lengket. Karena memiliki formula yang ringan dan mudah menyerap ke kulit.
Juga mengandung vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas akibat polusi dan sinar UV.
Selain itu juga melembabkan karena kandungan Hydra IQ.








2. Vaseline Total Moisture Aloe Fresh Hydration + SPF 24 PA++

Awalnya aku kira produk ini hanya mengandung SPF. Tapi setelah membaca keterangan pada belakang kemasan, eh ada PA++ juga. Wah lengkap deh perlindungan terhadap sinar UV A dan UV B nya :)




Awalnya aku beli karena penasaran dengan aroma Aloe Vera yang katanya harum dan rasanya segar dipakai di kulit. Setelah aku coba, memang benar dan bukan katanya lagi.
Lotion with Sun screen ini selalu bikin aku pingin cepat - cepat mandi, biar bersih dan segar ditambah pakai Lotion ini ^^
-------------------------------------------------------------

Terkadang belang - belang pada kulit karena paparan sinar UV ngga bisa dihindari walaupun sudah memakai sunblock/sun screen, tapi bagi aku tetap saja haru pakai !
Aku sering membuktikan, kalau pakai sun block walaupun jadinya tetap belang dan kulit menggelap, namun proses pengembalian warna kulit itu lebih cepat dibanding sama sekali tidak pakai sunblock/sunscreen. Ngga gelap permanen lah :)

Hehhhe, tapi aku ngga kapok kok berjemur :) Asalkan ingat pakai sun block dan rajin merawat kulit setelah berjemur dengan cara scrubbing (luluran) dan penggunaan serum whitening (tentunya yang aman dengan BPOM, jangan cream whitening abal - abal ya!)

Untuk perlindungan khusus kegiatan di luar ruangan aku lebih memilih Nivea Daily Protection Sun Lotion Light Feeling 25 SPF PA++ 
Selain SPFnya lebih 1 tingkat dibanding Vaseline Total Moisture Aloe Fresh Hydration + SPF 24 PA++, dia lebih cepat menyerap di kulit dan tidak mengandung berwarna.

Tapi dari segi hasil kelembutan pada kulit, Vaseline Total Moisture Aloe Fresh Hydration + SPF 24 PA++lebih juara:)

Secara keseluruhan aku suka :
  • Aroma kedua produk di atas
  • Teksturenya yang ngga terlalu cair atau kental juga suka, 
  • Kemasannya juga, ngga bikin gampang tumpah, jadi aman di tas. Tapi aku lebih suka warna kemasan Nivea :)
  • Daya serap keduanya juga bagus, cepat meresap

Yang ngga aku suka :
  • Keduanya tidak waterproof, kalau kena keringat terasa licin, dan wajib touch up.
Pada kemasan tiap sun block/sunscreen ada peringatan menggunakan kembali sunblock/sunscreen tiap 2 jam sekali. Dan hindari terlalu lama di bawah sinar matahari meskipun telah memakai tabir surya(sun block/sun screen).

Ingat ya walaupun sudah pakai sun block harus tetap menjaga kulit dari paparan langsung sinar matahari, UV A dan UV B.

Dan tetap jaga kulit kalian dari kondisi cuaca apapun :)
Jadi, apa sun block kalian ?

See you soon ^^

Comments

Jangan lupa subcribe