Cerita GaJe : Bidadari Ijo...(?) “Culikk Selendang Gue Donk…!! Pliiss”

Title     : Bidadari Ijo...(?) “Culikk Selendang Gue Donk…!! Pliiss”
Author : Diach Shin

Warning..!! Please jangan Copy Paste. (Thanks)

 Kenalin donk….
      Hai, gue Bidadari Ijo. Gue dari Kahyangan Langit Tingkat Atas. Nama gue Raden Ayu Niur Hijau..biar akrab panggil gue Bidadari Ijo aja. Umur gue 17 tahun lari. Maksud  lari itu, kalo lari kan lebih cepet dari jalan, jadi 17 tahun jalan bagi  gue 17 tahun lari. Gue bilang gini, karena gue pingin supaya yang baca cerita hidup gue ini ketawa. #ga nyambung.
Karena di kahyangan gue, umur 17 tahun itu udah boleh JJ ke tempat manusia. Gue penasaran katanya di tempat manusia atau bumi itu ada mahluk-mahluk Ganteng.  Gue tau karena ,kakak gue si Bidadari Ratna yang udah pernah ke bumi cerita kalo di bumi banyak yang ganteng, selain itu  temen – temen gue di twitter sering mention gini ke gue  “Eh elo, tau Justin Bieber gak ?? Dia itu ganteng lho !!”
Terus ada juga yang bilang “Elo tau, 2PM gak?? Mereka itu BoyBand dari Korea.” Masih banyak mention dari temen gue. Hal itu yang ngebuat gue penasaran abis. Gue ngomong gini karena gue udah ngerasa adanya krisis atau kelangkaan orang-orang ganteng di sekitar kahyanagan gue. Sumpah dech gue sumpek ngeliat cowok-cowok disini.
                                                                                              

Asal – usul nama Ijo..
             Judul cerita ini atau nama gue emang Bidadari Ijo, bukan berarti gue suka ijo. Enggak!!
Tapi gue tetep dipaksa pake barang-barang serba ijo.):
Emak gue nich yang punya kerjaan. Kata emak,.. waktu ngidam. Emak suka yang ijo-ijo. Apapun gak ada kecuali. Kalo loe pikir hantu “buto ijo” seremm..(?)

Menurut emak, waktu ngidamin gue.. emak malah nganggep si “buto ijo” itu boneka lucu yang unyuu banget lebih unyu dari mantan pacar gue Justin Bieber(?).  Bahkan nich, pernah waktu emak gue, GAK ADA ANGIN GAK ADA HUJAN ,malem-malem jam 12.00 pingin poto-poto bareng buto ijo, langsung dech bapak gue bingung 1 keliling ,#Gausah 7 keliling, kasian bapak gue capek.  Pantes aja kan bapak gue bingung. Bukan karena susah cari si buto. Tapi bapak gue khawatir kalo, nanti yang lahir bukan anak kahyangan tapi anak si buto. #ngenes banget donk.
Nah tau – tau ternyata si butonya lagi chatting ame pacarnya. Nah,.. setelah bapak gue nelpon si buto ijo , malem itu juga.  Si buto malah bilang “bapake inyong ora iso ke kahyanganne bapake. Inyong lagi cetting karo gebetan inyong. Maklumlah bapake , inyong baru beli Blekberi BARU sama baru juga punya pesbuk. Gak apa-apa yak , bapake. Besok aja gimana??” dengan logat Tegal itu si buto ngejawab telpon bapak gue dan nolak pula.
Akhirnya bapak gue bilang ke emak kalo si buto gak bisa datang.
Terus emak bilang , “ Ora opolah pak. Yo wiss.. kalo gitu saya minta dibelikan Magnum saja. Tapi yang saya mau, Magnumnya warna ijo ya pak ?” pinta emak gue.
Nambah pusing dech bapak gue. Akhirnya bapak gue muter-muter di jalanan kahyangan. Eh, untung aja di sekitar kahyangan masih ada supermarket 24 jam. Langsung aja dech bapak gue masuk ke sana. Dan tanya sama penjaga supermarket “Mbak, Magnum warna ijo ada tidak mbak?” Tanya bapak gue polos . Kemudian si mbaknya bilang, “!@!#@$%**^^%&@@#$$!!!~~%$##_#@$limitied edition” Si mbak nyeroscos pake bahasa mandarin sambil nunjuk kotak pendingin ice creamnya. 
Otomatis bapak gue gak ngerti donk. Tapi yang bapak gue ngerti cuma satu kata “limited editon”. Bapak gue gaul yak? Ngerti bahasa Inggris segala.Bapak gue ngerti karena sering denger di paket broadband, limited editon artinya terbatas.  #prokkprookk…
Setelah dapet tu Magnum ijo. Bapak gue pulang. Sampe di rumah Magnumnya dikasi ke emak gue. Emak bilang “Alhamdulilah ya pak, sesuatu . Aku seneng banget bisa makan Magnum ijo. “ kata emak. Bapak terus jawab “ Iya bu, sesuatu banget.” Jawab bapak ala Syahrini.
Kata emak lagi, emak iri banget ngeliat artis cewek yang meranin iklan magnum 
#iklan yang ada cewek naik atas mobil. Emak bilang pengen juga jadi bintang iklan kayak gitu. Emak bilang biar bisa ketemu bule. Bapak sich Cuma diem aja sambil mainin gadget barunya, iPad.
              
Saat gue lahir di tanggal 14 Februari…..
     Pagi – pagi banget emak gue udah bangun. Emak mau siap – siap ke acara kondangan orang nikahan, emak mau hadir di acara resepsi pernikahannya Ussy dan Andika Pratama. Penata rias termahal di jagat kahyangan pun emak panngil. Emak pingin rambutnya dibuat kaya “konde meledak”nya Ashanti, terus poninya emak kaya “jambul gorong-gorong Sudirman”nya Syahrini. Emak masih bawel, emak juga bilang, supaya wajahnya dikasi make-up natural aja kaya pemenang Gramy Award “Adele”. Si peñata rias malah tanya, “Bu, Adele siapa ya? Ooh itu yang nyanyi lagu Alamat Palsu ya?” Tanya si tukang rias dengan bodohnya.
Emak langsung marah langsung ngomelin si penata rias , ”Kamu gak tau Adele??  Dia itu pemenang Gramy Award- anugerah music di luar negeri sana” kata emak dengan logatnya.
Si penata rias Cuma nganggukin kepala. Entah ngerti atau gak.(?)
Akhirnya 20 menit kemudian selesai dech dandanannya emak.  Tapi, tiba-tiba perut emak terasa mules. Emak bilang rasanya kayak mau ngelahirin. Si penata rias yang denger gitu langsung panik. Dia langsung manggil bapak. Bapak juga panik. #Terus kalo semua panik. Writer panik gak ya? (Panik aja dech)…Nah kalo writer panik yang buat cerita siapa donk?~~~lupakan~~

Bapak langsung bawa emak ke rumah sakit bersalin deket kahyangan dengan mobil Kiat Esemka baru bapak #huu..pamer.
Sesampainya di rumah sakit. Emak langsung dibawa ke ruangan bersalin. 5 Menit kemudian dokter kelaur, bukannya si dokter bilang gue udah lahir. Eh malah si dokter nawarin supaya gue dilahirin lewat cara di transfer aja #dikiranya uang apa ya?. Katanya cara ini tanpa rasa sakit jadi gue dikeluarin lewat teknologi kaya ngirim e-mail. #Ini sich writernya ngarang banget. Mana bisa coba??
Bapak gue sich mikir,  trus bapak bilang  “Pak dokter, ga usah cara gitu dech. Nanti gak seru loh!” kata bapak.
Si dokter heran , lalu balik Tanya “Maksudnya bapak ?”
 “Ya biar..nanti istri saya bisa cerita keseluruh keluarga kalo anak keduanya dilahirin dengan semangat 45.” Kata bapak panjang lebar.
“Ya sudahlah pak kalau begitu pakai cara manual saja(persalinan normal).” Kata dokter pasrah.

15 menit setelah perjuangan emak gue di medan itu.
Akhirnya gue lahir di tanggal 14 Februari, kata emak aku lahir itu nangis #yaiyalah..
Emak bilang, bayi lahir nangis itu tandanya, si bayi sedih mesti lahir lagi ke dunia. #gue ceramah.
Semulanya Emak sama Bapak mau kasih gue nama, Raden Ayoe Manieess Selaloeh Cuaanntiieek. Karena emak pikir itu terlalu lebay, selain itu emak juga takut kalo pas harga gula naik, aku gak manis lagi. #apa hubungannya ?
Akhirnya disepakatilah nama gue Raden Ayu Niur Hijau.


 Hadiah Ultah Pertama Gue Daun Pisang ??!!!!
            14 Februari gue ultah. Di acara ultah gue keluarga besar Kahyangan Langit Atas semua berkumpul mereka pada bawa kado yang gede-gede. Ada kue blackforest, fruit juice , Japan food, Korean Food. Tapi yang paling laris adalah makanan Indonesia, kata keluarga gue makanan Indonesia lebih enak.
Maunya sich di ultah pertama ini gue ngundang  Syahrini lah ke ultah gue. Tapi Syahrini gak bisa datang katanya “Sesuatu dech ini. Aku lagi nyasak rambut aku.” (?)
Ya tak apalah yang pentingkan kado dari keluarga.
Setelah pesta berakhir, gue berharap dari semua kado itu paling gak salah satunya ada iPad atau gadget baru. Dan tara….!!!
“Eh … daun pisang?” kata Emak
“Tapi gak apalah daun pisang lumayan buat bungkus lontong.” Piker emak
Gue yang cuma bisa ngomong “dadadaa…jajjajaajjaa” ala anak balita.
Gue mikir, ngenes bener sich nasib gue. Ultah pertama kadonya daun pisang. Mereka piker gue nich lontong apa ?


Ultah 17 Tahun Gue, Awal Hidup Gue…..
     Hari ini gue ultah ke 17 tahun. Kata orang dibumi sich 17 tahun itu “sweet birthday”.
Tapi gue sich takutnya dapet daun pisang lagi. Eh ternyata gak  loh. Di umur tujuh belas ini, bapak ngasi gue ijin buat JJ ke bumi. Gue dapet sertifikat “Surat Ijin Jalan – Jalan atas nama Raden Ayu Niur Hijau”. Waah,..gue seneng banget. Tepat di umur 17 tahun ini gue punya akun twitter.
Gue pertamanya ga ngerti, mesti nulis apa disini. Akhirnya gue nulis “ulang tahun ke 17.”
Terus 1 menit kemudian, banyak orang yang ngeretweed.  Gue masih ga ngerti maksud retweed apa. Terus gue tanya kakak gue ,Bidadari Ratna. Kata dia “Retweed itu artinya pengulangan kembali dek ajeng .“  jawab mbak Ratna.
               Keesokan hari, aku mau ikut mbak Ratna ke bumi. Pertamanya mbak Ratna gak ngasih, karena aku belum pernah ke sana. Terus aku bujuk mbak Ratna terus tapi tetep ga boleh. Aku pasrah aja. Mbak Ratna gak ngijinin aku ikut karena mbak Ratna mau ke bumi buat beli gadget baru. Takutnya aku Cuma ganggu dia di bumi. Tapi mbak Ratna janji dua hari lagi akan ngajak aku ke sungai.
              2 hari berlalu, mbak Ratna manggil aku.
“Dek ajeng, jadi gak ikut ke bumi?” Tanya mbak Ratna
“Jadi donk kak.” Jawab aku sambil loncat-loncat. Bayangan ku udah ngelayang , kalo bakal mandi di sungai , terus ada cowok ganteng lewat nyuri selendaku dan minimal jadiin aku pacarnyalah. Sebelum pergi gak lupa, aku pake bulu mata “anti badai caterinna” punyanya Syahrini. Dan aku juga pake baju plus selendang hijau yang panjang.
                 Akhirnya aku turun ke bumi, kami sampai di sungai. Tapi kok ?
“Kak, kita mau mandi di sini?? “ Tanya gue cemas. Gue cemas bukan karena di sungai itu ada banyak orang tapi masalahnya…. Gue diajak ke sungai Ciliwung??? “Oooh..No!!!” teriak gue dalam hati.
“Ndak lah dek. Kita bersih-bersih di sini.” Jawab mbak ratna tenang “Ayo..ambil jarring sampahnya. Jaring itu sampah yang nyangkut.” Ajak kakak.
                2 menit kerja gue ngeluh mulu. Gue berhenti kerja. Tiba-tiba ada cowok ganteng lewat. Gue pura-pura masang gaya layaknya dayang Sumbi. Si cowok ngeliat selendang gue. Dan….. dia narik selendang gue. “Asiiikk… dayang Sumbi story terjadi.” Kata gue dalam hati.
Trus ketika dia megang selendang gue, gue bilang “kamu mau nyulik selendang saya ya? Aku ini bidadari dari kahyangan.” Kata gue dengan bangga
Si cowok jawab ,”Emang loe kira gue si Joko… ???” jawab cowok itu “Gue mau cari BB gue yang jatuh disekitar sini.” Jelasnya
“Oohh..yaudah cari aja sendiri.” Jawab gue dengan cemberut
“Ketemu….” Teriak si cowok.
“Punya PIN BB gak?” Tanya si cowok ke gue
“Punya 212324. Catet ya.” Kata gue manis
              Karena mbak Ratna udah selesai bersih-bersih, gue diajak pulang. Diperjalanan gue BBM bareng cowok tadi namanya Bambang.
Gue seneng banget.
            

Bambang ..!! Kita Putus !!
          2 bulan kenal Bambang. Kita makin akrab. Suatu hari dia minta supaya kita ketemuan di jembatan Ancol (?). Sebenernya gue males. Dia piker gue si manis?? Ngajak ketemu di sana. Tapi demi cinta? Okelah gue samperin. Setelah nunggu 5 menit si Bambang datang bawa setangkai mawar. Gue komentar “Apa cuma satu tangakai nich ?? Ahh..kamu kalah sama pacarnya Mawar. Dia bawa sejuta loh !!” keluh gue
Terus si Bambang cuman diem sambil ngetik,  

Ketik si Bambang. 5 detik kemudian, banyak tangkai – tangaki  mawar buat gue. Si Bambang bingung, kejadian iklan ternyata kejadian sama dia. Eh ternyata yang dateng malah tukang bunga keliling, Si Bambang disuruh bayar, dan ia terpaksa bayar.
       Gue jadi gak enak. Dia jadi kehilangan banyak uang cuma buat gue.
Setelah itu si Bambang megang tangan gue, dia bilang “Mau gak loe jadi pacar gue ?” Tanya Bambang.
“mau..’’ tanpa pikir panjang gue jawab gitu.
Kita jadian terus,..
          3 Bulan pacaran, hubungan kita baik-baik aja. Tapi 1 minggu belakangan ini, si Bambang gak ada kabar. Trus gue pikir buat nyamperin ke bumi.  Sampe di bumi gue belum liat si Bambang. Sambil nunggu gue duduk di bangku taman sambil baca novel “@Poconggg juga Pocong”. Gue bangga baca buku ini, karena ini adalah buku yang menceritakan abang jauh gue si @poconggg.
Ternyata di depan gue ada anak kecil. Dia bilang ke emaknya. Kalo dia lihat yang hijau-hijau di bangku. Emaknya mikir yang hijau itu cuma daun. Tapi si Anak itu malah bilang, “bukan ma. Itu Hijau kaya lontong ma.”kata si anak polos.
“Udahlah itu gak ada apa-apa.” Jawab si Emak itu.
         Gue ngerasa kecewa dinamain Bidadari Ijo. Masak udah cantik begini dipanggil“lontong”.
Yaudah lupakan. Dari kejauhan gue liat si Bambang selingkuh. Gue denger nama cewek itu Inem. Merasa iri, masak gue dikalahin Inem  ??
Dengan kesalnya gue bilang ke Bambang “Loe Gue End.”
Si Bambang yang lagi pegangan tangan sama si Inem , kaget, dan bilang
 “Okeh…Loe gue end.”
         Ngerasa patah hati gue, balik ke kahyangan.
Di kahyangan gue udah ditunggu sama Bejo Santoso Dwi Mas. Anaknya Bude Wati Kusuwati binti Uswanti Kuncoro. Ternyata Bejo temen gue ini, mau ngelamar gue. Gue bingung, gue prustasi dan gue bilang kalo gue gak mau pacaran.
Si Bejo sedih, tapi Bejo rela nunggu gue asal gue belum nikah aja.


Curhat ama bang @poconggg…
       Gue masih galau. Abis putus sama pacar terus gue ditunggu sama cowok yang gak gue suka. Akhirnya gue jalan-jalan ke bumi. Di bumi gue malah ketemu abang gue. Bang poconggg. Dia si master jurus ampuh remaja. Gue curhat panjang lebar.
Tapi akhirnya bang poconggg Cuma bilang “Ganti gaya lontong loe. Trus coba gaya baru.” Kata bang poconggg terus  ninggalin gue sambil loncat-loncat, tapi gak sengaja si bang poconggg jatuh terus ngeglinding,
gara-gara kain kafannya gue injek. Dengan santai gue tinggalin bang poconggg. Gak tau dech nasibnya si abang. Secara, bangsa pocong mana  coba yang bisa bangun setelah jatuh dan mengglinding??

Sambil duduk di bangku taman gue mikir mau pindah ke gaya apa?
Akhirnya gue pergi Boutique. Disana ada pelayan ramah yang nyambut, tapi tetep aja kata-katanya nyesek banget “maaf mbak, abis festival lontong dimana?” Tanya mbak pelayan.
Gue tersinggung sich, banget malah. Akhirnya gue diem ajh. Toh emang bener penampilan gue emang kaya lontong. Ijo-ijo begini.
              15 menit di Boutique, gue nemu style gue. Gue pake stylenya Adele aja. Gue ngaca di cermin. Sumpah gue keliatan cantik. Setelah itu gue bayar ke kasir. Gue dengan bangganya ngeluarin credit card gue.


Eh tapi,…(?)
“Maaf mbak. Credit cardnya hanya ada saldo 5 ribu rupiah.” Kata mbak kasir dengan santai.
Gue binggung, akhirnya gue pasrah. Dengan hati-hati gue kabur . Dan gak bayar.
Hahahhahha…#reader jangan dicontoh !!
 Tapi belum puas. Gue lanjut ke salon. Gue pingin dibuat cantik lagi. Pulang dari salon. Rambut gue di blow kaya Adele, muka gue di make-up in ala Farach Quen. Ngerasa terbang nich… emang terbang sich.
Gue lupa, gue gak punya uang. Setelah gue inget, ternyata gue punya uang 100ribu di selendang gue. Dan bisa bayar dech.

Emang Bidadari Ijo dak dapet pacar…

          1 bulan gue di kahyangan dengan
style ala manusia bumi. Ngerasa bangga pastinya.
Hari ini mbak Ratna dan temennya-temennya ngajak aku ke bumi untuk mandi di sungai yang indah. Aku setuju aja. Sampai di sana. Iya emang bener  sungainya indah banget, airnya jernih dan ada air terjunnya pula. Kita mulai dech mandi di sungai. Tiba-tiba, ada cowok yang datang
Dia punya niat buat nyuri BB gue. Tapi gue terus bilang, “Kalo mau, ambil selendang aku aja. Jangan BB, nanti aku gak bias update. “ kata gue sambil senyum-senyum.
“Apaan selendang Ijo begini?? Mendingan BB bisa dijual.” Jawab si cowok
“Tapi kalo kamu ambil selendang ini, kamu bakal dapetin hati aku loh.” Jawab gue dengan PD.
 Si cowok mikir 10 detik. Setelah itu ia bilang, “Gak bisa. Gak mau aku sama kamu. Nanti nasib kayak si Joko lagi.” kata cowok itu dengan pasrah.
         Bidadari Ijo, ngerasa patah hati lagi. Akhirnya dia mutusin untuk diem di kahyangan aja. Akhinya si Bidadari Ijo sadar hidup itu gak bisa diskenario atau  direncanain. Cuma Tuhan yang bisa buat skenario , sedangkan umatnya Cuma bisa ngejalaninnya dengan kebaikan yang tulus.
Si Bidadari Ijo  pun , ngikutin jejak abangnya si poconggg, gaul di twitter. Buat kata-kata galau abishhhh….  


Reader  : Udah gitu ajah??? Ceritanya?

Author   :  Iyalah, pinggang udah encok nich duduk melulu 

Popular Posts