Dari Jajanan Tradisional Indonesia sampai Rujak Khas Bali


Hi,... semuanya :)
Kemarin dan seminggu yang lalu aku jajan nih :
O ya, jangan mikir aku posting kali ini terus kalaian pikir "Duh, sombong banget. Mau makan jajan aja pake posting segala. sombong nih" 

Owowooo... nggak gitu lho maksud aku. Tujuan aku posting dengan tema "Jajanan (makanan) Tradisional", adalah memberi tahu readers khususnya bagi yang tidak tahu , ini lho beberapa jajanan tradisional Indonesia. Pastinya enak dong ^^

Nah, foto yang di bawah ini adalah kue latok dan kue getuk "warna - warni" .
Eh, namanya kue getuk apa nggak ya ? Hahhaa,..pokoknya terbuat dari ubi deh ^^

kue latok dan kue getuk (?) (btw, koment ya kalau aku salah memberi nama atau mungkin ada nama lain di daerah kalian untuk kue di atas ^^



Nah yang di bawah ini, kalian semua tahu dong ?
Yups, ini lah jajanan (eh ? ini jajan apa bukan ya ?)
Kayaknya ini kurang pas disebut jajan ya XD
Berhubung temanya "Jajanan (makanan) Tradisional" , ya aku masukin aja si Rujak yang pedas membahana ini (kurang cetar aja) :D


Ini nih namanya "Rujak Kuah Pindang"
Ini rujak khas Bali. Kayaknya di daerah lain nggak ada ya ? :D




Sesuai namanya, kuah rujak ini dibuat dari rebusan ikan pindang. Eitsss....jangan berpikir ini jijik atau apa. Emang sih ada bau amisnya (namanya juga dari ikan), tapi dikit kok .
Selain itu kuah rujak ini juga ditambah dengan ulekan terasi , cabe dan bisa ditambah gula pasir atau gula merah juga (tergantung yang pesan) :D
Yumiiii dehhhh :)

Bagi penggemar rujak, kalo kalian ke Bali , ayo dicoba deh Rujak Kuah Pindangnya :)
Dan untuk yang di Bali, ayo ditambah rujak kuah pindangnya xD



Rujak Bulung Boni (Kuah Pindang)

Yang satu ini, tidak kalah yumiiinya dengan temannya di atas :D
Kalau biasanya rujak terbuat dari buah. Lain halnya dengan si Rujak Bulung Boni ini, rujak ini terbuat dari rumput laut yang namanya Boni (di Bali rumput laut disebut bulung).
Kuah rujaknya juga terbuat dari kuah pindang + terasi + cabe :))

Duh, kurang enak apalagi coba.
Ditambah lagi ni ya, Rujak Bulung Boni ini kalo dimakan akan ada bunyi "kretes kretess.." :D
Tapi kalo bulung boni yang dipake nggak fresh , ga ada suara kretes kretes deh :(

Untungnya dagang rujak langganan aku selalu pake bulung boni yang fresh :)
kapan - kapan aku share deh tempat jual rujaknya, dari tampak depan, tampak samping, buah - buah yang dipake sampai cobeknya aku foto deh (?)
Demi kalian readers, akan saya berikan informasi yang sedetail - detailnya :D

Btw, tempat jual rujaknya tidak jauh dari rumah aku, masih terletak di kota Denpasar.
Kalau kalian yang tinggal di daerah Denpasar, dan tahu pasar Pasah Pemecutan, nah di deketnya itu lah ada "Depot Rujak Agung".

Ini alamatnya  :
Jalan Gunung Batur No. 24 Denpasar (Br. Pemedilan)
Denpasar
source : https://id.foursquare.com/listiantari


Keren ya canggih aplikasi sekarang ini, ini aja alamat dapet dari foursquare.
Heran, selama ini sering beli rujak disana. Alamatny nggak tahu xD (jangan tanya alamat ke saya deh :) )
Syukurlah ada foursquare, kalo nggak ada. Mau pake apa coba aku jelasin alamat penjual rujaknya ? Kan lumayan tuh bagi readers yang mungkin Ibu atauTantenya lagi 'ngidam'

atau yang baca postingan ini pingin beli rujak ? hahhhaaa..
tinggal cari alamatnya ya.
Bagi yang tinggal di luar Denpasar atau luar Bali ?
Mari kita doakan, semoga ada penjual rujak yang 'pesan antar '  =D 

Sayangnya, di foto di atas tidak terlihat penjual rujaknya. Penjual rujaknya baik lho, biasanya dipanggil "Gung Biang" (dalam bahasa Indonesia artinya Ibu Agung.
Biang di Bali artinya panggilan untuk Ibu bagi kasta tertentu di masyarakat Bali)

Kalo keringetan boleh dong ambil tissue dari sini :D
Handmade, kotak tissue aku nih :D
Next posting aku bahas :)



Kalo foto di atas buka jajanan sih. Tapi bisa dibilang jajan buat si Make Up Lovers :)
Next time aku bakal posting tentang Haul Februari - Mei ^^
Itupun kalo aku nggak males ya :D
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ok deh, Postingan kali ini paling - paling..... bikin laper dan ngiler.
Itu gambar rujak bisa di print terus dimakan nggak sih ? (nggak lah :p)

Udah ya posting kali ini, semoga bisa memberi informasi bagi kalian :)

Popular Posts