Tips Menabung

Heloo~

Entah kenapa semenjak kamera rusak aku jarang posting ya =.=
Ini karena males bercampur kesialan T.T

Btw, semenjak android aku hilang, hikmahnya adalah saya rajin nabung.
Kenapa mesti repot - repot nabung ?
Gini gini.... ortu aku pastinya marah karena aku teledor banget naruh hp sembarang dan kemudian hilang T.T
Ortu aku mau kasi pendidikan ke aku, dengan cara aku kumpulin uang sendiri untuk beli android baru. Supaya aku tau rasanya ngumpulin uang sendiri dengan ya. ... usaha yang sederhana. Dengan begitu aku lebih hati - hati jaga benda yang aku punya.
Ok fix, selesai curhat :D


Karena semangatnya nabung, tiap liat uang berapapun pasti aku masukin celengan.
Bahkan diajakin makan rujak bareng aja aku ngga mau karena kepinginnya uang jajan ditabung aja, eh tapi endingnya tetep aja beli rujak plus es campur :D
ya..pulang sekolah panas, paling pas makan rujak dan es campur dong ^^ *perut saya susah diajak kompromi kakak...

Selama dua bulan ini aku nabung buat apa ?
Buat beli android baru dong :D
Tapi yang namanya nabung itu susah - susah gampang, Apalagi buat anak muda yang selalu pingin eksis dengan barang ini dan itu. Tiap model dan style apapun pingin banget punya T.T
kalo aku sih selalu pingin punya make up ini dan itu :D hehehhe...

Nah! Buat anak muda yang mungkin senasib kayak aku (android hilang) , boleh coba tips Nabung ala Diah's Blog yuk ~





1. Harus NIAT dan DISIPLIN!
Ini penting banget kalo kita sudah punya niat untuk menabung, pasti deh secara alami kamu bakal selalu ingat menyisihkan uang untuk menabung. Dan Disiplin, itu perlu banget. Kalo memang untuk ditabung ya harus ditabung.

2. Hindari keperluan yang tidak penting dan buat Skala Prioritas
Nah ini nih yang biasanya bikin rencana menabung gagal. Misalnya deh, aku punya uang 50.000, eh waktu jalan - jalan di counter make up tergiur sama lipstick yang harganya 50.000. Disini nih harus extra hati - hati berpikir. Sesuaikan apa yang mau kamu beli dengan keperluanmu, kalau masih punya lipstick dan pakai lipstick juga tidak terlalu sering (beli hanya untuk tambah koleksi) mending ditunda dulu deh beli lipsticknya.

Hal - hal seperti di atas bisa kita atasi dengan Skala Prioritas. Dari urutan pertama adalah hal terpenting sampai terakhir adalah benda yang masih bisa ditunda pembeliannya.


3. Buat daftar pos - pos uang jajan
Nah buat kamu anak sekolahan yang masih dikasi uang jajan mingguan atau bulanan, coba deh buat list kayak aku :


Jadi tiap dapat uang jajan mingguan atau bulanan, uang kita sudah ada pos - posnya masing - masing.
Tapi ingat! Sesuaikan jumlah uang itu dengan kebutuhan kamu. Jangan sampai uang makan kamu jadi berkurang , karena itu akan berdampak kamu kurang makan eh jadinya sakit.

4. Jangan sia - siakan uang sekecil apapun
Biasanya sih kalau dapat kembalian Rp 1.000,- ditaruhnya sembarangan ya ? hahhhaa...istilahnya itu uang seharga bayar parkir. Coba deh tiap kamu belanja dan dapat kembalian Rp 1.000,- itu ditabung, bayangin aja kalo tiap hari kamu menyisihkan Rp 1.000,- dan dikali 30 hari, dalam sebulan kamu bisa nabung Rp 30.000 kan ?


5. Coba usaha sampingan
Hehhhee....buat anak muda ngga asing sama yang namanya jualan pulsa ?
Yups ! Pulsa itu sudah kayak kebutuhan pokok untuk remaja jaman sekarang. *iya banget buat aku

Nah aku coba nih, jadi aku jual pulsa. Ya lumayan lah untungnya bisa buat tambahan nabung :)


------------------------------------------------------------

Coba deh untuk menabung. Setidaknya kita belajar hemat dan belajar mengelola keuangan mulai dini.
Selain itu kita bisa berjaga - jaga kalau misalnya ada keperluan mendadak.
 Contohnya, ada bazzar di sekolah. Nah kita bisa deh bayar dengan uang yang kita tabung tanpa minta uang lagi sama orang tua :)
 
Lebih bangganya lagi kalau bisa beli benda yang kita inginkan dengan uang yang kita tabung.


Ini btw, kapan ya aku bisa beli android lagi ? hehhhee....
Ayo Menabung !!!



Popular Posts