Menu Hari Ini : Terung Tepung Sambal Kecap

Hi readers :)
Karena lagi liburan, aku jadi punya waktu untuk belajar masak :)
Kalau udah sekolah, jarang bisa coba - coba masak.

Nah kemarin pagi, sebelum masak aku googling resep Terung Tepung Sambal Kecap.
Berawal dari menu yang kami sekeluarga pesan saat makan malam di luar dan kami suka, kecuali adikku, hehhee dia sih ngga suka menu begini yang dia tahu cuma bakso, nasi goreng, mie goreng, dan tumis kangkung. Adikku ngga begitu suka makan sayur =.=

Nah Aji menyuruh aku cari resep Terung Tepung, "Gek coba cari resepnya Terung Tepung ."
Sebenernya ngomongnya pake bahasa Bali sih :)

Dan dari hasil googling ketemu deh :) Ngga hanya itu aku juga baca artikel manfaat Terung bagi kesehatan. Dan wow! Ternyata manfaatnya bagus banget bagi tubuh. Mulai dari manfaat untuk otak karena kandungan nutrisi phyto, baik untuk jantung karena terung dapat menurunkan kadar kolestrol, hingga kandungan serat yang baik untuk pencernaan.
(baca selengkapnya).
source google

Ngga cuma itu, ssst...terung juga dapat membantu menurunkan berat badan lho ! (baca selengkapnya.)
Siip sudah tahu manfaatnya dan dapat resepnya, lanjut coba praktekin resep Terung Tepung Sambal Kecap.

 Ok deh biar ngga lama ceritanya, ini nih resepnya untuk 1 porsi.



Untuk 1 porsi

Bahan :
  • 1 buah terung
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • cabai rawit (Sesuai selera)
  • cabai merah besar (Sesuai selera)
  • 1 buah tomat (atau sesuai selera)
  • gula merah (boleh tidak diisi karena sudah menggunakan kecap)
  • gula pasir (1 sdm)
  • garam (1/4 sdm atau bisa dirasa sendiri bisa ditambah^^ )
  • kecap
  • 1 butir telur
  • Tepung siap masak (contohnya sajiku)
Membuat bumbu atau sambal kecap :
  • Haluskan 1 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, cabai rawit, tomat, dan beri garam serta gula merah
Campuran tepung  :
  • Kocok 1 butir telur
  • Letakan tepung pada piring terpisah
  • atau untuk mudahnya cukup larutkan tepung dengan air hingga mengental
Cara menggoreng terung :
  • Potong terung kemudian rendam selama 10 menit dalam larutan air diberi garam, 1 siung bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan atau digeprak.
  • Jika terung sudah direndam selama 10 menit, masukan ke telur yang sudah dikocok kemudian balurkan pada tepung. Kalau mau lapisan tepungnya tebal, ulangi tahap ini beberapa kali
  • Atau jika tidak menggunakan telur, bisa langsung mencelupkan terung ke tepung yang sudah dicampur air. Tapi lapisan kremesnya jadi tipis.
  • Kemudian, Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng dengan api sedang
  • Jika minyak sudah panas, goreng terung sampai berwarna golden brown alias coklat keemasan. Ingat ya jangan golden black wkwkkk itu artinya gosong
  • Tiriskan

Cara memasak :
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan gula pasir, kecap dan sedikit air. Kalau mau lebih berkuah tambahkan air lagi
  • Masukan terung yang digoreng tadi atau sambal kecap ini bisa disiramkan pada terung yang sudah digoreng
  • Supaya tampilannya cantik, tambahkan taburan cabai merah besar atau cabai lombok yang sudah diiris serong atau iris tipis (Sesuai selera)
Finally done!



Oiya, bisa juga ditambahkan tahu atau tempe, cara masaknya juga sama :)
Untuk takarannya sebenernya sesuai selera aja sih, tapi untuk satu porsi ini. Satu soung bawang merah dan bawang outih juga cukup. Kalau untuk gula pasir dan garam, ya dirasakan sendiri lah bagaimana enaknya :)

Hehhhe maklum aku kan belum pro, baru coba - coba resep, belum banyak tahu :D hihii
Yang penting masakannya ada rasa bumbu, garam, ngga gosong, ada manfaatnya bagi tubuh dan ada yang mau makan aja deh hehhe

Eh, sebenernya lebih sehat lagi kalau masak terungnya cuma direbus lalu dibuatin sambal lalapan. Selain kandungan lemak dari minyak goreng yang sedikit, juga kandungan terung lebih terjaga. Kanjadi lebih praktis masaknya hehhe

See you soon^^

Popular Posts