Hello SMA : part 1

Hello readers :)
Kali ini aku post untuk yang kelas X, aku liat adik kelas X. Jadi inget dulu awal SMA, perubahan suasana dari SMP ke SMA. Beda banget!

Aku ngerasain banget temen yang bisa diajak seru - seruan, diajak suka duka, nemuin extra yang aku suka, SMA udah mulai nentuin "What you want to do?" "What you love to do"
Tapi jangan lupa jaga diri, kuat iman, jangan modal gengsi.

Itu sih kata - kata pembuka post kali ini, dan.....

I want to say Hi! to you murid baru SMA.... :)

Hai siswa baru SMA. Sudah siap jadi anak remaja SMA?
"Kak, SMA capek banget kegiatannya banyak, pulangnya juga sore."


Yups! Di SMA banyak banget kegiatannya, mulai dari extrakulikuler, jam pelajaran tambahan pada sore hari, kegiatan organisasi, dan banyak lagi. Tapi semua tergantung kalian adik - adik, kalo kalian memang suka dan mau aktif ikut kegiatan organisasi , terus mau mengasah minat dan bakat di extra dan club sekolah. Maka kalian akan merasakan bedanya jadi anak SMP dan SMA.

Buat kalian yang berpikiran untuk tidak ikut extra, coba dipikir lagi. Yakin ? :)
Di SMA extra kulikulernya tentu beda dari SMP, lebih banyak mengajarkan kita dengan berorganisasi.

Waktu kelas X aku ikut extra softball, extra lingkungan hidup, dan club ekonomi. Ditambah lagi belajar nyurat aksara dua kali seminggu.
Bahkan extra olahraga seperti softball pun mengajarkan bagaimana berorganisasi dan kekompakan. Kerjasama dalam tim olahraga sangat diperlukan, ngga bisa hebat sendiri tapi semua harus jadi satu kekuatan.

Awal kelas X, aku juga banyak ngeluhnya kok. Apalagi jarak rumah ke sekolah lumayan jauh sekitar 25 menit.
Saranku kalau kamu suka ikut banyak kegiatan sekolah, baik extra, club ataupun organisasi lainnya. Ingat selalu komunikasi dengan orang tua. Jelasin apa kegiatan yang diikuti setelah jam pelajaran, jelasin waktu kegiatan, dan minta ijin ikut kegiatannya.

Kalau kamu berpikir untuk sembunyi - sembunyi ikut suatu kegiatan, risikonya adalah kalau ada apa - apa, orang tua ngga tau apa yang kita lakuin. Apalagi kalau kegiatannya itu nomaden, pindah - pindah tempatnya kan orang tua khawatir jadinya. 
Nah supaya mereka ngga khawatir berlebihan, jelasin deh mau pergi kemana, kegiatan di tempat itu bagaimana, dan supaya dapat ijin dari orang tua.

Apalagi siswa kelas X, kebanyakan dibawah 17 tahun kan?
Kamu belum punya SIM kan dik?
Nah apalagi itu, mau pergi jauh - jauh. Risiko bisa aja ditilang polisi. Kalau udah ditilang ujung - ujungnya kalau kena sidang ya sama orang tua juga kan.

"Jangan sembunyi - sembunyi ikut kegiatan. Lebih bagus lagi kalau minta ijin dan direstui. "
Restu dari orang tua itu indah banget ngejalaninya. Mau kemana - mana, udah inget aja jalan Tuhan, jangan nyeleweng. Tenang deh hati :)
Jaga kepercayaan orang tua, kalau memang mau ikut kegiatan di extra, club pelajaran , atau organisasi. Yaudah jalanin, jangan ngakunya ikut kegiatan eh malah "kegiatan yang lain". Ya taulah maksudnya kan? hhmm...ya gitu deh :D

Oiya selain ijin dan restu orang tua. Juga harus pandai mengatur waktu. Jangan sampai kegiatan - kegiatan diluar jam pelajaran itu mengganggu pelajaran di kelas. Nanti ada saatnya dispen, dan fokus berlatih atau pembinaan sebelum lomba. Ya fokus dengan dispen, latihan yang disiplin. Jangan ikut - ikutan dispen. Tapi malah bolos wkkwkk

Dulu nih awal - awal kelas X, aku cupu banget. Pertama kalinya dispen seminggu, aku takut. Kok aku ngga sekolah dan ngga belajar di kelas gini sih?
Lama kelamaan ngerti deh, yang namanya mau jadi juara harus latihan serius dan ada pengorbanan.

Satu hal deh. "Ikuti aturan sekolah. Suka ngga suka itu peraturan, pilih sekolah di suatu sekolah.  Ya terima juga segala konsekuensinya."

Kalau kamu dispen lama atau ngga masuk jam pelajaran, 
tips dari aku nih sesuai pengalaman pribadi juga. Cari gurunya minta tugas, kalau ngga dikasi tugas. Bersyukurlah :)

Sok pinter ngga sih minta tugas gitu?
Bukannya sok pinter, tapi itu salah satu cara supaya niat belajar setelah lama ngga di kelas hahhhaa
   
Bosen ah ngomongin extra, club , dan pelajaran.
Ehm..ngomongin kantin aja yuk:) !
Sebelumnya apa kalian punya ekspektasi kantin SMA itu ala - ala di sinetron?
Kadang gerombolan gitu ke kantin, terus pake satu meja isinya gerombolan gitu bikin serem kadang - kadang, apalagi kalo itu geng eksis di sekolah.
Biasanya kalo masih kelas X, jadi malu - malu kucing ke kantin sendirian. Dan sering ngga kebagian tempat duduk :D

ada yang pernah ketemu kakak - kakak di atas, waktu ke kantin ?
Can you guess where is my school?



Kalo di kantin kemungkinan sekali bisa ketemu kakak kelas yang cantik dan ganteng, khususnya yang kelas X rela deh ke kantin biar bisa ketemu kakak kelas pujaannya ahhhha....
Aku pernah gitu, tapi orangnya baru aja tamat tahun ini =.=

Atau sebaliknya, ada kakak kelas yang naksir kamu? Terutama kakak kelas cowok nih, tiba - tiba aja ada chat dari seseorang yang berjumpa di kantin. Eaa....
Tapi, hati - hati sih. Siapa tau kakak kelas cowok itu, udah punya gebetan atau pacar.  Ngerti kan?
Supaya tidak tercipta fitnah menyayat jiwa.

Eh ngomongin soal kantin, makanan dan minuman di kantin SMA itu enak - enak lho.
Kantin di sekolahku aja, ada jual nasi campur, nasi betutu, bakso, soto ayam, mie ayam, nasi goreng, dll
Apalagi ya?
Ah iya.... parkir. Kalo di SMP palingan adanya cuma parkir sepeda, kan SMA udah wajar naik sepeda motor.
Nah yang lucu adalah kalo datengnya siang, parkirnya dapet lebih di luar. Dan pas pulang jadi cepet deh karena motor ngga terjebak :)

Pokoknya SMA itu seru, kalo kamu bisa jalanin dengan "jalan yang benar".
Cari pengalaman, gali soft and hard skill , jangan berpuas diri cuma belajar di kelas, gaul sama yang bener, eksis dengan prestasi jangan dengan sanksi, santai aja jangan serius melulu, apa lagi ya? Jadi kece,....jadi harapan nusa dan bangsa. hahhaa
Jadi yang berguna pokoknya.
Sekian....

See you soon in the other part of Halo SMA :)


Popular Posts