Happy Valentine Day

Hari kasih sayang, 14 Februari. Atau populer disebut Valentine Day.

Menyambung postingan saya di instagram.
Kenapa memilih memposting foto di bawah ini?

Karena kasih sayang tidak hanya sebatas sayang kepada keluarga, teman, bahkan pacar.
Pernahkan melihat orang yang memukuli anjing karena memakan upakara, seperti segehan atau banten lainnya yang sudah selesai dihaturkan?

Jika tindakan anda adalah mengusir, itu  wajar. Tetapi jika sampai memukuli, apakah itu wajar?

Orang melakukan tindakan seperti itu mungkin berpikir, "itu saya persembahkan untuk Tuhan. Lalu mengapa seekor Anjing yang terlihat kotor dan bau datang kemudian memakan upakara yang sudah dipersiapkan secara indah itu ?"

Nah, disini saya tidak membahas khusus tentang anjing yang memakan upakara yang sudah dihaturkan tersebut. Hanya mengambil contoh dari kasus di atas.

Menurut pandangan saya, apa yang dipersembahkan kepada Tuhan. Sebelum dihaturkan pun Tuhan sudah tahu karena Beliau Jnana Sakti (salah satu bagian Cadu Sakti).

Saat kita menghaturkan upakara tersebut kita harus ikhlas sesuai prinsip Yadnya dan sebagai wujud bhakti kepada Tuhan. Kemudian apa yang kita haturkan tidak hanya bermanfaat bagi manusia itu sendiri tetapi juga kepada seluruh alam semesta.

Tentunya konsep ini tidak asing bagi umat Hindu, yaitu sesuai ajaran Tri Hita Karana.

Tri Hita Karana pada hakikatnya mengandung pengertian, Tiga penyebab kesejahteraan yang bersumber dari keharmonisan hubungan :
- Parahyangan (hubungan manusia dengan Tuhan)
- Pawongan (hubungan manusia dengan manusia)
- Palemahan (hubungan manusia dengan lingkungan).

Tidak hanya pada Valentine Day, tetapi setiap hari harus dimaknai dengan kasih sayang kepada sesama, lingkungan, dan yang utama bhakti kepada Tuhan.
Kasih sayang tidak hanya berarti hubungan pacaran, atau anda suka kepada seseorang, tetapi bermakna luas. Jika kita bisa menjaga hubungan baik dan harmonis dalam kehidupan ini, maka itu sesungguhnya kasih sayang.

Salahkah kita merayakan Valentine Day?
Tidak. Menurut saya, kebetulan saja pada 14 Februari merupakan hari yang lebih spesial lagi menunjukan rasa sayang kita. Membeli bunga atau coklat, itu juga dapat membantu perekonomian para penjualan kan :)

#HappyValentineDay

Popular Posts