Aku, Beauty Blogger ?

Hi readers,

Aku mau sedikit cerita pengalaman aku menjadi Blogger sejak kelas 2 SMP, berarti sudah 4 tahun. Awal jadi blogger itu karena aku sering browsing tugas atau mau cari tahu tentang suatu hal.
Kadang menemukan artikel yang "php", judulnya sih sesuai dengan yang mau dicari tapi ternyata ngga ada artikelnya.
Dulu aku kira itu sih pemilik blog yang php dengan memasang judul posting begitu. Tapi ternyata, baru tahu 3 tahun terakhir kalau itu automatic search engine.

Blog pertama aku bukan Diah's Blog tapi, diahariestya.blogspot.com
Kenapa sih Diah Ariestya? Padahal nama aku ngga isi Ariestya. Dulu zaman SMP aku paling suka dan pingin banget nama aku ada Ariestya karena zodiakku Aries.
Untunglah orang tua tidak segera ke Catatan Sipil untuk rubah Akte Kelahiran hehhee
Toh sekarang aku sangat nyaman dengan nama sejak aku lahir. #hargainamapemberianorangtua

Di diahariestya.blogspot.com atau All About Life and World Blog ini yang dibahas sebagian besar tentang manfaat buah dan sayur, fakta dan sejarah dunia, K-POP, Film Thailand, dan info umum lainnya yang ngga jarang ada yang copas hehhee bagian fakta dan sejarah dunia. Ada artikel di blog itu tentang fakta Jirayu Laongmanee (Kao Jirayu). Aku buat artikel itu benar-benar pure menulis sendiri dari pengamatan film dan video yang berkaitan dengan aktivitas Kao Jirayu ini. Kalau kalian ngga tau siapa Kao Jirayu coba search deh :)

Nah, pas awal-awal blogging aku rajin banget cek judul postingku di pencarian google. Melihat judul posting blogku terdeteksi oleh google atau search engine lain aku seneng banget apalagi ada diurutan pertama.
Perasaan aku tuh, "Duh posting, yang aku tulis sendiri nanti di baca orang lain. Bahkan orang-orang yang ngga aku tahu mereka siapa dan dimana."
Sampain suatu hari, aku tahu kalau ada blog yang copas begitu aja, artikel aku tentang fakta Jirayu Laongmanee itu. Rasanya sih, "Oh ini benar-benar karma. Aku pernah copas artikel tentang fakta dan sejarah dunia, ok sekarang artikel yang ini di copas tanpa mencantumkan source by...."

Yaudah sih aku ngga menuntut apa-apa, terlalu berlebihan sepertinya. Hmmm

Oke lanjut, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun aku mulai jarang menulis di Blog pertamaku.
Diah's Blog aku buat sebagai blog kedua tujuan awalnya bercerita tentang hal-hal pribadiku yang wajar untuk diungkap ke publik, ya seperti sekarang ini :)
Ngga tau kenapa aku malah lebih betah menulis di Diah's Blog sampai sekarang.
Mungkin karena aku capek dan bingung bahkan bosen harus bolak-balik log ini Blog pertama terus Blog kedua walaupun bisa diakali dengan software berbeda.

Singkat cerita 4 tahun ini aku masih di Diah's Blog. Kalau sekarang dibilang sukses, em merasa biasa aja sih. Ya masih banyak dan sangat perlu peningkatkan dari segi foto, editing, cara penulisan mungkin :) jangan aja diganti penulisnya.
It's mean, jangan sampai ada hacker blog. Please, aku sayang blog ini. Seperti bagian dari hidup aku.
Oke ini terdengar lebay wkkwkkkk

Ngga pernah ada niat awal agar blog ini menjadi Beauty Blogger. Karena 4 tahun yang lalu itu, aku ngga konsen ke Beauty Blogger bahkan belum tahu apa itu Beauty Blogger dan belum berkempat pesat seperti saat ini.

Aku tahu Beauty Blogger karena sering search review produk. SMP kelas 2 itu lagi centil-centilnya sama produk Make Up. Tiap baca katlog Oriflame, penasaran sama produknya langsung cari di google. Penasaran dikit langsung searching.

Terus aku punya beberapa produk make up itu, baru deh kepikiran "Oh iya iya, aku review aja deh. Review selengkap mungkin, terus fotonya yang jelas, ngga blur, biar yang baca seneng liatnya hehhee"
Niatnya itu memberi informasi juga ke orang lain seperti aku baca review sebelum-sebelumnya.

Aku bahkan lupa siapa Beauty Blogger Indonesia yang sering aku baca reviewnya. Karena saat itu aku lebih sering baca review produk Oriflame yang lebih sering direview oleh Beauty Blogger makeupandbeauty.com (sepertinya dari India).

Akhirnya seiring bertambah usia menjadi anak remaja. Dari remaja labil, remaja centil makeup, remaja baper parah, remaja otw desa wkwkkkkk apa yang aku tulis mengikuti perkembangan usiaku.

Kebanyakan aku review produk lokal. Ya banyak menerima komentar seperti itu sih.
Nah itu juga awal niat aku blogging. Agar brand lokal diketahui orang lain yang sebenarnya brand lokal itu bagus kok, mudah didapat, dan harganya murah. Hanya saja kurang promosi mungkin hehhhee

Sampai akhirnya aku gabung di fanpage Facebook Indonesian Beauty Blogger. Btw, sampai sekarang i'm unofficially part of IBB. Belum diapprove oleh admin :( gpp sabar dulu lah :)
Ngga masalah belum official gabung di IBB yang penting bisa masuk grup Fanpage FB IBB yang ngga semua bisa masuk (grup tertutup) itu aja udah syukur.
Kenapa syukur?

Karena bisa tahu Beauty Blogger kece dari seluruh Indonesia :) YEY!
Bisa dapet ilmu Beauty & Blogging, bisa sharing, nanya-nanya soal produk yang bagus, dan hal-hal beauty lainnya.
Kebanyakan sih ibu-ibu atau yang paling muda sih anak kuliahan.
Ya pada masa empat tahun silam anak SMP, bahkan anak SMA yang blogging tentang Beauty itu jarang, mungkin langka juga hehhhe
Ngga kayak sekarang, Vlog Beauty oleh remaja itu sudah banyak sekali.
Ya itu semua karena semakin canggih serta kemudahan akses teknologi dan informasi saudara-saudara :)

"Aku kira kamu 20 tahun, sudah kuliah lho."
Begitu rata-rata komentar orang-orang ketika berkomentar saat tau usia aku hehhee
Jadi saat ini aku ingin menikmati usia 18 tahun ini wkkwkkk

Tantangan jadi Beauty Blogger?
Ah tantangan apa sih, hhehe
ya palingan lebih menjaga keadaan kulit agar saat review produk kulit siap difoto hehhee
Selain itu, harus hemat!

Hemat di sini ada dua pengertian. Aku hemat uang jajan biar bisa beli produk baru yang bikin penasaran banget hehhe
Atau aku super hemat untuk tidak belanja-belanja make up.
Karena produk Make Up/Cosmetic itu disimpan ngga lebih dari 1 - 2 tahun, sehari-harinya juga paling mentok aku pakai lip balm atau lipstick tipis banget.
Jadi sayang aja belanja-belanja banyak tapi jarang dipake hehhee
Tapi kalau produk itu bagus banget dan aku perlu banget pasti aku beli dan aku share ke blog :)

Tantangan lainnya yang juga disadari oleh semua blogger adalah manajemen waktu untuk meluangkan waktu menulis artikel. Blogging yang pas itu saat inspirasi datang kemudian langsung menulis dan didukung waktu luang. Pasti deh bloggingnya jadi makin asik.

Sering dipanggil Gek Blogger sama orang-orang di sekitarku :)
Temen-temen aku di SMA, biasanya nanyain "Blog itu ngapain aja sih? "
atau kalau mereka lihat aku foto benda-benda di sekitarku mereka langsung menebak, "Eh pasti mau dimasukin ke Blog ya?" 
Hehhheee mereka menebak dengan tepat, karena kebiasaanku begitu.

Jadi Beauty Blogger harus cantik ya?
"Ehm, aku biasa aja sih. Ah cantikkan kamu." jawaban standar ala-ala menjawab komentar di IG wkwkkkk

Cantik itu relatif. Tiap orang memiliki sudut pandang berbeda.
Kalau pengamatanku, Beauty Blogger itu harus nyaman dengan apa yang ingin dia tampilkan dan share, terutama soal penampilan. Bahkan, dari kekurangan yang dimiliki di wajah misalnya kayak aku, ada bekas jerawat nih, Nah aku sharing tips menyamarkan noda bekas jerawat. 
Seperti itu :)

Blogging atau Vlogging ?
Sebenernya sih aku lebih sering Blogging. Kalaupun ada Vlogging Make Up di Channel YouTube aku, itu lebih ke penasaran take video terus belajar editing. Selama ini sering merasa gagal untuk take video. Karena yang namanya take video apalagi Video Make Up harus didukung lighting yang bagus. Kalo bisa sih cahaya matahari sore hari jam 4 sore. Atau paling bagus jam 8 - 10 pagi. 
Tapi karena isu sinar UV saat ini, lebih baik pakai lighting dari lampu kali ya. Tapi lighting pake lampu juga harus lampu yang tepat dan bisa memberi sinar merata pada kulit.
Belum lagi latar belakang take video harus diperhitungkan.
Saat ini aku mau blogging aja deh, kalau Vlogging. Entar deh mau nabung beli latar untuk take video dan mau cari lampu bulat (Ring lamp). 
Ribet Vlogging? Kayaknya iya, tapi serunya Vlogging bisa langsung ngomong dan ngga pegel jari-jari ngetik hehhe

Merasa Famous karena Jadi Blogger?
Bukan Famous yang aku rasa. Tapi lebih banyak mengenal orang-orang dengan passion yang sama. 
Lebih bisa saling bertukar informasi.

Tapi gpp, selama Blogging walaupun jari keriting asalkan ada yang baca dan mengapresiasi. It's ok, I'm fine :)

Oke deh, mungkin ini seperti curhat, kebetulan terlintas id pikiran. Daripada cuma diem di pikiran mending sharing. Karena ini juga salah satu tujuan aku blogging, untuk menyalurkan apapun ide yang ada di otak aku hahhhaa

See you soon :)

Popular Posts