Rias Tari Bali (Part II di tahun 2016)

            Bali terkenal akan seni yang menjadi ciri khas budaya yang membuatnya tersohor hingga ke mancanegara. Salah satunya seni tari. Tari Bali memiliki ciri khas diantara tarian daerah lainnya di Indonesia. Mulai dari gerakan yang dinamis, musik pengiring yang penuh semangat menggelora, hingga tema tarian mulai dari manusia, flora, hingga fauna. Kostum dan riasan tari Bali pun memiliki pakem tersendiri. Terutama riasan wajahnya yang paling menonjol pada bagian mata. Perpaduan 3 warna utama eyeshadow yaitu merah, biru, dan kuning. Serta bentuk alis yang tebal disesuaikan dengan karakter tari tersebut.

Kali ini, Diah's Blog sangat tertarik untuk membahas "Rias Tari Bali" yang sumber informasinya dari pengetahuan pribadi dan bertanya dengan penari Bali atau disebut pragina (dibaca pregine).

Pertama Diah bahas soal produk-produk tata rias yang digunakan pada Rias Tari Bali.

1. Foundation
Biasanya sih merk foundation yang terkenal dipakai para penari Bali adalah Cryolan Foundation selain coverage yang bagus serta waterproof dan membuat riasan tahan lama. Untuk harga sekitar Rp 200.000 - Rp 300.000, , hmm lumayan sih tapi sebanding dengan kualitas foundation ini.

2. Bedak tabur merah dan bedah warna lebih cerah dari kulit
Bedak tabur dengan shade merah bisa didapat dari produk Viva Cosmetic, harganya juga murah banget sekitar Rp 3.000. (Shade Rachel)




Bedak merah ini sebagai dasar kemudian bedak yang shade lebih terang dari warna kulit berfungsi sebagai highlight pada bawah mata, dahi, dagu, dan hidung.


Misalnya, produk yang kalian pilih fanbo two way cake shade natural atau bisa pilih LT Pro Dual Function Kit-Single.
LT Pro Dual Function Kit-Single "Two Way Pressed Powder dengan butiran yang sangat halus , creamy, dan mewah. Soft Focus Effectnya memastikan tampilan kulit yang sehat sempurna bebas kerutan halus."

3. Eyeshadow


Seperti yang tadi Diah bilang, ada 3 warna utama yaitu merah, biru, dan kuning.
Pada kelopak mata gunakan warna biru, kemudian merah pada ujung luar mata, dan kuning pada tulang alis. Agak susah sih pake eyeshadownya. Tapi latihan terus deh , pasti bisa :)

Nah, untuk merk eyeshadow ini ada Rivera (warna biru) dan Ranee (warna merah dan kuning) yang tersedia dalam kemasan refill. Jadi, bisa beli satuan untuk 3 warna ini, harganya juga terjangkau 
Rp 15.000 untuk 1 eyeshadow.




swacth Ranee eyeshadow refill

4. Pensil alis warna hitam
Kalau soal alis, semua pasti punya merk jagoan masing-masing ya ? hehhee



5. Liquid Eyeliner dan Eyeliner Pencil
Eyeliner pensil sangat penting untuk membingkai mata penari Bali agar tampak tegas dan mata penari terlihat lebih besar dari aslinya.
Nah, liquid eyeliner ini selain untuk membingkai mata, juga untuk membentuk alis agar lebih rapi, tebal, dan runcing pada ujung luarnya.
Selain itu eyeliner juga digunakan utuk membuat. . .




6. Blush on
Jangan lupa blush on merah atau orange, serta shading wajah dan hidung :)


7. Lipstick merah
Yups untuk lipstick kalian pasti juga punya merk jagoan masing-masing dong :)
Dan ciri khas tari Bali adalah lipstick merahnya.


8. Bulu mata palsu
Pilihlah bulu mata yang cetar membahana, anti badai ala Syahrini wkwkkkk

9. Body painting warna putih
Body painting ini untuk membuat "gecek" atau titik pada dahi, pada pelipis dekat alis, dan pada dada (tergantung jenis tariannya).




Oke untuk produk yang diperlukan sudah aku jelaskan sekarang ke hasil riasannya.

Ini dia Rias Tari Bali yang aku pelajari. 
Susah-susah gampang sih, apalagi bagian mata. 



Alis dan eyeliner yang tebal. Terutama membentuk alis melengkung indah. Btw ini alis aku di foto belum bagus banget hmmm =.=



Yang di dahi meruncing hitam apa sih namanya ?
Namanya cundang.

Nah cundang digunakan jika tari Bali itu menggunakan gelungan.
Contohnya Tari Legong Keraton, Tari Cendrawasih, Tari Oleg Tamulilingan, Tari Sekar Jepun, dan tari Bali lainnya.
Tari Legong Keraton (jenis tari berkelompok)

Tari Cendrawasih (jenis tari berpasangan)

Tari Oleg Tamulilingan (jenis tari berpasangan)



Tari Sekar Jepun - Tarian maskot Kabupaten Badung (jenis tari berkelompok)


Sedangkan jika tidak menggunakan gelungan maka, hanya menggunakan gecek atau titik merah yang biasanya menggunakan body painting merah atau lipstick merah.
Selain itu ada pula penggunaan siranata pada dahi.
Mungkin kalau di istilah rias pengantin Jawa, seperti paes.

Tari Bali yang tanpa gelungan misalnya, Tari Pendet, Tari Tenun, Tari Puspawresti, Tari Sekar Jempiring, dan masih banyak lagi tari Bali lainnya.
Tari Pendet
Siranata pada dahi penari 

Tari Tenun
Tari Sekar Jempiring - Tari maskot Kota Denpasar




Nah kalo yang ini riasan ala yang ngebet belajar rias tari Bali tapi belum jadi pragina wkwkkkk 

Bagian pipi, shading agar pipi tampak tirus tetapi dengan menggunakan blush on merah mix orange ya, bukan countour ala modern make up.
Walaupun ngga masalah mau pake teknik contour itu, tapi tat rias tari Bali lebih identik dengan blush on merah,




Bentuk bibir se-seksi mungkin wkkwkkk
Intinya saat kalian tersenyum, garis bibir terlihat jelas tidak lurus. Dan gunakan lipstick merah, tari Bali identik dengan lipstick merah.

Btw pada gambar, blush on aku tipis ya, padahal aslinya merah kok.


Lanjut ke kostum
Sebenernya sih judulnya cuma "Rias Tari Bali" tapi nyerempet dikit ke kostumnya ya hehhee 

kostum Tari Oleg Tamulilingan untuk putri


Sedikit yang aku tahu, secara umum kostum penari Bali ada kamen, kain prada, sabuk prada, dan lain sebagainya.
Kostum tari Bali tidak mutlak sama untuk tiap tarian karena disesuaikan dengan tema tariannya namun, tidak lepas dari pakem tari Bali pada umumnya.


Nah itu dia sharing sedikit pengetahuan yang aku tahu soal Rias Tari Bali, mohon komentar dan masukannya ya :) Semoga dapat menjawab beberapa pertanyaan seputar Tari Bali tentang riasannya terutama, sebagai seseorang yang masih belajar soal Tari Bali aku memohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan.

Kalau kata anak pragina di Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Daerah Politeknik Negeri Bali :
akhir kata aku tutup dengan. . .
Salam Pragina, ngess !!



Eits, selfie dulu hihiii






See you soon :)

Popular Posts