Translate

Wednesday, August 8, 2018

Perempuan Bali Itu : Nama Saya

Hi readers,

Saat ini mungkin kalian lebih mengenal saya sebagai Bali Beauty Blogger. Ada kata "Bali", yang juga menunjukkan identitas saya.
Lahir dan tinggal di Bali tentunya menjadi keberuntungan bagi saya. Sebutan Destinasi Wisata Dunia sudah saya pijaki sejak lahir.
Seberuntung itukah?

Bali tak hanya menjadi destinasi wisata. Tapi juga adat dan budayanya yang unik. Unik berarti tidak ada di tempat lain. Ya, Bali juga punya Indonesia. Indonesia itu beragam suku dan budaya, makanya kita unik.

Sadar akan menjadi bagian keunikan Indonesia. Postingan ini akan saya hadirkan sebagai seorang perempuan Bali yang hidup di era globalisasi. Berbagai hal tentang keunikan yang "aku rasakan", akan aku ceritakan. Seperti nama blog ini "Diah Cerita".

Mungkin akan ada pro dan kontra dari tulisanku. Tapi akan aku coba membuatnya terbaca umum dan bisa dipahami orang awam.

"Mau cuti dari Beauty Blogger nih?"
Hahha tentu tidak. Hanya saja, sepertinya lingkunganku sungguh unik dan ingin kubagikan dengan orang lain.
Tujuannya agar bisa saling bertukar pikiran, saling memahami, saling mendokumentasikan hidup dan semoga membawa pengaruh positif bagi pembaca.
Soal jadi beauty blogger, aku tetap kok :)

Kalau aku mau cerita, aku harus cerita dari mana ya?
Mungkin dari namaku ya? Karena menurut orang lain (bukan orang Bali), memahami nama orang Bali itu agak rumit.

Nama saya I Gusti Ayu Putu Diah Paramitha.
Artinya :
I Gusti merupakan nama yang diperoleh dari keluarga. Di Bali terdapat pembagian catur warna yang berkembang menjadi kasta. Singkatnya, saya berasal dari keluarga Wangsa Ksatria.

Ayu artinya perempuan.

Putu artinya anak pertama.
Ada istilah lain seperti Made/Nengah/Kadek untuk anak kedua, Nyoman/Komang untuk anak ketiga, dan Ketut untuk anak keempat.

Diah artinya cantik.
Hmm, ini aku mulai GR nih.
Walaupun nama Diah sangat umum untuk di Indonesia. ya orang tuaku mengambil nama ini dari tokoh pewayangan Diah Sita. Harapannya sang putri berparas seperti sang permaisuri Rama tersebut.
Hehhe kembali lagi, cantik itu relatif. Tapi yang namanya perempuan yang sudah pasti cantik.

Paramitha artinya perbuatan baik. Dalam ajaran agama Hindu ada namanya Catur Paramitha artinya 4 perilaku yang baik. Semoga nama saya ini amanah untuk diri saya ya. Tapi, dibalik itu ada sejarah lucu nih. Bahwa nama saya ini ternyata diberikan nenek yang saat itu sedang ngefans dengan artis Indonesia, Paramitha Rusady.

Ya, itu dulu perkenalan singkat soal nama.
Pastinya setelah ini kalian jadi bertanya-tanya soal Apa itu kasta di Bali, KB Bali anak empat, Gimana sih rasanya tinggal di Bali, dan sebagainya.

Baiklah, postingan ini akan disambung pada postingan lainnya.
Apa ada hal yang membuat kalian kepo tentang Bali? Coba tuliskan di komentar ya :)

See you soon

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung ke Diah's Blog.
Mohon kritik dan sarannya namun, jangan lupa menggunakan bahasa yang sopan dan no SARA ya...^,^

Pages