REVIEW : EMINA Bare With Me Mineral Cushion - 03 Caramel

Hi girl,
Di penghujung tahun 2018 ini aku ingin memenuhi janji pada blog ini untuk mereview Cushion lokal yang sebenarnya udah jauh banget sih launchingnya. Tapi karena aku yang baru sempat buka blog lagi. Jadi , baru kali ini ngereviewnya. 

Akhir-akhir ini trend cushion di kecantikan Indonesia lagi booming ya. Padahal di Korea atau Amerika, cushion sudah terkenal jauh 5 tahun lalu.
Tapi, ngga apa dong hal positif yang dapat kita maknai bahwa ragam produk kecantikan dan kebutuhan wanita Indonesia akan produk-produk kecantik makin beragam:)  dan baiknya lagi kita jadi punya jaminan produk yang kita beli itu aman karena terjamin keaslian dan bahan kandungannya karena diproduksi dan diuji di Indonesia.

Dibanding cushion Korea, kalo dari segi kemasan sih sama aja paling beda itu terletak di shade. Kalau cushion dari Korea karena cenderung konsumen di negaranya itu berkulit putih ya tentunya shade cushion Korea cenderung kurang sesuai untuk perempuan Indonesia yang sebagian besar memiliki skin tone yellow and warm undertone. Salah pilih shade yang tidak sesuai dengan skin tone itu efeknya bikin kulit jadi abu-abu lho!

Lalu bagaimana dengan Emina Bare With Me Mineral Cushion ini?

Aku pilih shade 03 Caramel. Waktu itu mikirnya sih, "ngga apa sih kalo kegelapan kan bisa campur sama cushion Korea yang aku punya tapi keterangan di kulit."

Tapi hasilnya ? Yuk baca reviewnya dulu sampai habis.


Emina memang dikenal untuk sasaran konsumen remaja Indonesia. Ngga heran dong kalau kemasannya dominan warna-warna pastel begini.


Bicara tentang kemasannya, ngga ada masalah sih. Masih oke dan "instagramable" banget lah :)


Emina Bare With Me Mineral Cushion diproduksi di Indonesia oleh PT Cosmax Indonesia. Informasi yang aku tahu, ada 3 brand kosmetik yang juga diproduksi oleh pabrik ini. Yaitu Pixy Cushion dan BB Cream Moko Moko.


Banyak yang ngira kalo Emina Cushion ini ngga isi kaca karena jika kita baru buka memang sih kacanya buram banget.


Tapi kalau kita teliti lagi, warna buram itu sebenarnya lapisan kaca ya girls :)
Nah bagian yang aku tandai kotak orange itu adalah plastik yang bsia kalian tarik untuk membuka lapisan buramnya. Jadi, kacanya cling dan kepake deh



And then, ini keseluruhan kemasan Emina. Nothing spesial sih, maksudnya dari segi kemasan aku suka dan kualitas spongenya juga sangat bagus, lembut, dan tidak menyerap banyak produk menurutku.
Tapi jangan tanya aku ya, bagaimana kualitas sponge ini jika dibandingkan dengan Wardah Insta Perfect Cushion. Soalnya aku belum nyoba :)



Seperti biasa, pasti ada lapisan kertas pada bantalan cushionnya.



Dan ini dia,


Produk ini isinya 15 gr, kayaknya sih kalo kalian rajin memakai cushion ini tiap hari mungkin cushion ini akan habis dalam waktu 3 bulan :)

Bantalan spongenya memiliki pori-pori yang besar. Jadi kalau ditekan langsung mengeluarkan produk yang "ngga pelit-pelit" amat deh.


Kira-kira sekali tekan bisa dipakai untuk pipi kiri dan kanan deh. Tapi tergantung juga dengan kondisi kulit ya, kalau perlu untuk menutupi noda pada wajah. Kamu perlu beberapa layer.




Nah bagian yang paling penting, gimana sih hasil shade Caramel ini. 
Aku sebenernya bingung sih, aku kira shade Caramel akan berwarna coklat banget. Tapi ternyata untuk kulit wajah kuning langsat seperti aku, ternyata produk ini ngga coklat banget warnanya.

Malah menurut aku ini ngga sesuai deh untuk warna kulit yang coklat. Jujur aja untuk aku yang kulitnya dikategori medium, cushion shade caramel ini masih berasa terang karena efek "brightening"nya nih. 




Lanjut saat mengaplikasikan produk.
Aku ngga ada masalah sih saat mengaplikasikan produk ini. Spongenya bagus jadi gampang untuk meratakan produk ke seluruh wajah dan leher.

Hasil akhir dari cushion ini menurut aku matte dengan sangat sedikit efek dewy. Oke, klaim produk ini "dewy matte finish" berarti cocok ya.

Untuk coverage, menurut aku biasa aja sih. Perlu 2 kali layer untuk menutupi bekas jerawat di kulitku. Buat kalian yang tidak memiliki masalah bekas jerawat/kemerahan pada kulit, cushion ini udah top banget deh untuk cushion sehari-hari.

Untuk daya tahan cushion ini, aku pakai perbandingan pada kulit wajah seperti aku yang kombinasi cenderung berminyak ya.
Setelah memakai Emina Cushion, aku masih perlu set dengan Marcks' Loose Powder. Dan uji ketahanan produk setelah 6 jam penggunaan, tanpa masalah di wajahku. Cushion masih nempel di wajah tapi pada bagian bawah mata dan dagu sudah tampak "cracky".

Tips dari aku sebelum pakai Emina Bare With Me Mineral Cushion, kalian harus mastiin kulit kalian lembab terutama pada bagian bawah mata, dagu, dan lipatan hidung samping.

Untuk yang ragu beli Cushion ini karena shadenya, menurut aku sih shade Caramel ini ngga terlalu kelihatan terang kalau kalian tambahkan pemakaian bronzer pada wajah :)

Apakah Emina ini akan oksidasi?
Menurut aku iya. Pada 2 jam awal pemakaian warnanya masih sesuai dengan shade tapi pada jam-jam berikutnya warnanya akan menyesuaikan pada warna kulit kalian tapi ngga bikin kusam pada wajah.

Untuk harga Cushion ini, harga resminya adalah Rp 120.000,-
Tapi karena aku beli di e-commerce saat ada diskon aku jadi dapat cushion ini seharga Rp 100.000,-

Oiya, Cushion itu sebenarnya isinya lebih sedikit dari kemasan BB Cream pada umumnya yang 30ml ya, sedangkan harga Cushion itu bisa 2 kali lipat harga BB Cream. Menurut aku sih itu karena kemasannya juga. Untuk kalian yang sering berpindah-pindah tempat aktivitas dan mau praktis aja saat make up, cushion itu sangat cocok.


Untuk yang memiliki kulit lebih gelap dari aku, aku tidak menyarangkan kalian karena masalah shadenya ini =.=
Tapi buat yang punya kulit sama seperti aku atau lebih terang, silahkan dicoba :)


Ini ada video singkat "Make Up Go To Campus" di YouTube Channel aku, hehhe sepertinya aku mau belajar mengisi konten YouTube-ku lagi ?

Komen ya girls :)
Boleh juga di subscribe hehhe


see you soon :)

Comments

Jangan lupa subcribe